Friday, November 4, 2011

Plastik dan Kertas di Supermarket

Selamat idul adha yaaa buat yang merayakan dan selamat hari daging hihihhih.
Sebenarnya Rakbowl sudah ingin menulis cerita ini dari kemarin cuma kemalasan dalam diri dan rajin blogwalking aja nih. Lagi seneng baca-baca sih biggrinbiggrin.
Saat idul adha kemarin, Rakbowl sholat bersama keluarga di dekat kompleks sudah itu lanjut jalan-jalan sama mama dan papa ke hypermarket gitu di kawasan Kiaracondong. Lumayanlah window shopping tapi gak window shopping juga sih tetep belanja kok. Sebetulnya niat utama ke hypermarket itu mau beli paying yang kata Koran lagi diskon (hahhaha gila diskon nih Rakbowl) oh ya tentu, klo ada barang diskon dan bagus sabet aja langsung dah. Itu pun klo lagi ada rezeki lebih sih .
Lumayan jalan-jalan, c mama malah beli setrikaan. Ya emang lagi butuh juga sih, maklum setrikaan di rumah udah rusak juga heheh dan plusnya mumpung lagi diskon juga. Yeahhh, inti n amah aya diskon lagi butuh beli weh lah biggrinbiggrin.

ini juga hasil nyomot di setrika
Rakbowl juga beli kertas buat skripsii (t). Pas beli rada mikir juga sih, sayang beli kertas euy. Selain kitakan membabat pohon-pohon untuk dijadikan kertas plus kadang-kadang kertas kita gunakan Cuma sekali pakai saja sadsadpucca_love_16.Suka mikir rakbowl mah, kenapa yak lo bimbingan kudu di print? Coba klo bimbingan skripsi boleh pake flashdisk atau kirim emailnya dulu ntar pas bimbingan lagi bahas tuh skripsi (t) nya. Selain mengirit kertas juga mengirit listrik juga. Kenapa? Kan pas ngeprit kita menyalakan printer otomatis menggunakan listrik jugakan.
Hahahha , Rakbowl berandai-andai nih tapi moga-moga aja bisa menjadi kenyataan juga entar buat generasi berikutnya dan buat dosen-dosen yang bimbing skripsi(t). Ya walau Cuma dikit tapi setidaknya bisa membantu menyangi bumi kita yang sudah rusak parah ini.
Selain itu, Rakbowl sempat terdiam saat akan membayar belanjaan yang rakbowl beli. Di depan rakbowl ada sepasang suami istri yang belanja, kayaknya belanja bulanan soalnya satu trolley penuh banget. Tapi bukan itu sih yang rakbowl liat, tapi miris ketika mereka belanja banyak dan masih memakai kantong plastic.
Seketika pikiran Rakbowl mengawang-awang memikirkan, kalau saja ada orang seperti mereka sehari 10 orang. Berapa banyak kantong plastic yang digunakan oleh pihak hypermarket dan berapa besar dampaknya buat lingkungan kita juga.

Kategori Bahan / Material
Lama terurai
· · Kertas
2,5 bulan.
· · Kain katun
1,5 bulan.
· · Kulit jeruk
6 bulan
· · Kardus/karton
5 bulan
· · Filter rokok
10 – 12 tahun.
· · Kantung plastik
10 – 20 tahun.
· · Sepatu kulit
25 – 43 tahun.
· · Baju/kaos kaki yang berbahan nilon
30 – 40 tahun.
· · Plastik keras (botol plastik, tupperware, dll) :
50 – 80 tahun.
· · Aluminium
80 – 100 tahun.
· · Kaleng timah
200 – 400 tahun.
· · Styrofoam
tidak dapat terurai
Rakbowl nyomot dari www.hijau.or.id
Coba deh kalian lihat dan renungkan. Pasti di antara kalian ada yang menggunakan bahan-bahan di atas. Sumpah melihat ini jadi sedih banget. Rakbowl sering banget pake plastic buat beli makanan dan pake kertas buat corat-coret atau ngeprint. Tapi kalau liat begini jadi mikir juga.
Ok kembali ke laptop eh salah kembali ke masalah suami-istri yang belanja tadi. Berpikir, apakah kurang LSM-LSM lingkungan ataupun management supermarket untuk berpromosi go green? Padahal menurut Rakbowl mereka sudah berkoar-koar tapi kayaknya pada cuek aja gitu ya custumernya. Banyak supermarket dan hypermarket menjual tas Go Green tapi tetep aja masih lakuan plastic yang gratis. Coba aja tuh plastic kudu bayar jadi custumer mikir dan pada bawa kantong sendir dari rumah masing-masing.
Terus Rakbowl, mengawang-awangkan pikiran juga. Ini soal struk belanja, gila aja klo belaja kaya suami-istri tadi panjang bener tuh struk dah. Kembali miris melihatnya, sayang sama kertasnya. Soalnya kaya Rakbowl atau mama cenderung struk itu di buang aja ke tempat sampah ga pernah di liat lagi.
Berpikir kalau struk itu bisa di kirim lewat email, jadi kita belanja trus data belanjaanya dikirim via email ke custumer bersangkutan itu pun jika c custumer emang pengen liat struk belanjaanya. Ya klo Cuma beli 1 item mah ga usah di kirim kan , tapi mun butuh ya silahkan juga ga ada yang ngelarang (hahha soalnya ini cuma pikiran rakbowl yang sedang mengawang-awang ntah kemana..).
Oh ya, ngomong-ngomong tentang go green. Rakbowl juga belum sepenuhnya kok hanya berusaha untuk mengurangi lebih dulu. Seperti tadi belanja ke supermarket beli ikan masih pake plastic, padahal udah niat pengen pake tempat ikan yang ada di rumah biar irit plastic. Ya someday klo beli-beli ikan, ayam atau apapun yang biasanya pake plastic kudu mempersiapkan wadahnya. Jadi mulai sekarang Rakbowl juga harus mempersiapkan wadah-wadah tersebut juga.
Ya .. kawan-kawan Rakbowl. Walau belum sepenuhnya kita go green banget tapi berusaha menjadi go green perlu kan. Ya mencoba daripada tidak. Dari hal yang kecil saja dulu yang kalian bisa lakukan lama-lama kalian terbiasa kemudian tak terasa kalian bisa jadi go green.
Seperti halnya mama dan papa rakbowl. Dulu mereka masih senang menggunakan kantong plastic untuk belanja bulanan. Awalnya rakbowl bilang ga kasian sama bumi kita yang makin rusak, kan plastic terurainya lama loh. Mama dan papa cuek aja tapi lama-kelamaan nyadar sendiri. Sekarang mereka udah ga pake kantong plastic buat belanja, bahkan papa punya kantong belanja sendiri buat ke pasar atau pergi-pergi.
Ok mudah-mudahan kawan-kawan rakbowl bisa jadi GO GREEN juga dan cinta sama lingkungan. JANGAN LUPA klo buang sampah di tempatnya ya, jangan di sembarang tempat yaa!!!
respekrespekrespek :okay:

sampe ketemu di next posting rakbowl ...

0 celoteh kawanan:


Kaskus

Only


:ilovekaskus

:iloveindonesia

:kiss

:maho


:najis

:nosara

:marah


:berduka


:malu:

:ngakak

:repost:

:repost2:


:sup2:

:cendolbig

:batabig

:recsel



:takut

:ngacir2:

:shakehand2:

:bingung


:cekpm

:cd

:hammer

:peluk



:toast

:hoax:

:cystg

:dp


:selamat

:thumbup

:2thumbup

:angel


:matabelo


:mewek:

:request

:babyboy:


:babyboy1:

:babymaho

:babyboy2:

:babygirl


:sorry


:kr:

:travel

:nohope


:kimpoi

:ngacir:

:ultah

:salahkamar


:rate5

:cool


:bola


by Pakto


:mewek2:

:rate-5

:supermaho

:4L4Y


:hoax2:


:nyimak

:hotrit

:sungkem


:cektkp

:hope

:Pertamax

:thxmomod


:laper


:siul

:2malu:

:ngintip


:hny

:cendolnya


by misterdarvus


:maintenis:


:maintenis2:

:soccer

:devil


:kr2:

:sunny

Post a Comment

Winnie The Pooh - Piglet